Korsel-Iran Menuju Piala Dunia 2014, Uzbekistan Ikuti Play-Off!

Korsel 0-1 Iran

Jatah empat tiket langsung menuju Piala Dunia 2014 bagi negara-negara Asia akhirnya sudah bertuan. Setelah Jepang, menyusul Australia yang lolos dari Grup B. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia. Dari Grup A ada Iran dan Korea Selatan yang memastikan diri ke Brazil 2014. Sementara Uzbekistan masih harus berjuang lewat jalur play-off.

Bermain di rumah sendiri, Korsel sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk bisa memuncaki klasemen akhir Grup A. Namun mereka justru takluk 0-1 oleh Iran dimana gol semata wayang mereka dicetak oleh Reza Ghoocannejhad saat pertandingan berjalan satu jam.

Dengan hasil itu, Iran sukses mengangkangi Korsel dan memuncaki Grup A dengan 16 poin, unggul dua angka dibanding Taeguk Warriors yang lolos langsung dengan status runner-up.

Iran

Korsel 0-1 Iran

Hasil yang terjadi di Korsel itu juga membuat usaha Uzbekistan untuk lolos langsung terasa sia-sia. Uzbekistan sejatinya bisa lolos langsung andai menang atas Qatar dan Iran tumbang dari Korsel. Harapan pertama terwujud, namun harapan kedua mereka urung terjadi.

Di laga lawan Qatar tersebut, Server Djeparov dkk berpesta gol dengan skor 5-1. Qatar sempat memimpin lewat gol Abdulgadir Bakur di menit 37.

Namun lepas menit 60, Uzbekistan mengamuk dan mencetak lima gol lewat Bahodyr Nasimov (60’, 74’), Oleg Zoteev (72’), Odil Ahmedov (88’), dan Ulugbek Bakaev (90’). Namun hasil itu hanya membawa mereka selesai di peringkat ketiga dengan 14 poin, sama seperti Korsel hanya saja Uzbekistan kalah selisih gol.

Di Grup B, Australia memastikan diri menjadi kontestan Piala Dunia untuk kali keempat setelah mengalahkan Iraq 1-0 lewat gol tunggal Joshua Kennedy. Australia menjadi runner-up grup dengan 13 poin atau selisih empat angka dari Jepang di posisi teratas.

Australia

Penghuni posisi ketiga Grup B sendiri masih belum ketahuan mengingat Oman masih akan bertarung dengan Jordania pada Selasa (18/6/2013) pukul 23.00 WIB. Kemenangan akan membawa Jordania (tujuh poin) lolos ke babak play-off, sementara Oman (sembilan poin) hanya butuh hasil seri untuk menduduki peringkat ketiga.

Di laga play-off nanti, Uzbekistan akan berhadapan dengan Jordania atau Oman dalam format home and away. Laga pertama digelar pada 6 September 2013 dan laga kedua berlangsung empat hari setelahnya.

Pemenang laga tersebut belum boleh tenang karena mereka tidak akan mendapat tiket ke Brazil 2014. Tiket tersebut baru akan didapat kalau mereka menang dalam laga play-off selanjutnya melawan peringkat kelima Zona CONMEBOL (Amerika Selatan) yang berlangsung pada 15 dan 19 November 2013.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>