Korban Gempa Sulteng Bertambah

image

SULTENG- Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, DR. Sutopo Purwo Nugroho melaporkan hingga siang ini dampak gempabumi 6,2 SR yang terjadi pada Sabtu (18/8) tercatat: 4 orang meninggal dunia, 7 orang luka berat, dan 51 unit rumah rusak berat: 43 rumah di Kab Sigie dan 8 rumah di Kab Parigi Moutong.

Sementara itu, untuk melakukan evakuasi Korban Gempa terjadi Sabtu pada pukul 16:41:53 Wib di 27 Km Barat Daya Parigimountong-Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 Km, informasi yang diterima redaksi, Kodim 1306 Donggala kerahkan sekitar 200 personel TNI.

Sutopo juga menyampaikan bahwa dampak terparah terjadi di 9 desa yang terdapat di 3 kecamatan yaitu Kec Kulawi, Kec Lindu, dan Kec Gumbasa Kab Sigie. Di Kec Kulawi terdapat 5 desa yaitu Desa Namo, Bolapapu, Boladangko, Tangkulowi, dan Saluwa. Sedangkan di Kec Lindu terdapat 1 desa yakni Desa Tomado dan di Kec Gumbasa ada 3 desa yaitu Desa Pakuli, Tuva, dan Omu.

Saat ini ketiga kecamatan tersebut masih belum dapat dijangkau karena jalan tertimbun longsoran di 13 titik. 2 titik yang parah terjadi di Desa Salua dan Desa Namo. Alat berat berupa louder dan boldozer dikirim ke lokasi longsor.

BPBD Kab. Sigie dan instansi terkait sudah berada di lokasi untuk pendataan dan penanganan darurat. BPBD Kab Sigie telah mendirikan posko penanganan darurat di rumah warga yang tidak terkena gempa. Korban yang luka ringan di rawat di puskesmas sekitar. BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, Kodim, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI dan masyarakat telah bergerak ke lokasi bencana sejak tadi malam. BPBD Kab Sigie tidak memiliki kendaraan operasional, truk dan ambulance sehingga dibantu dari BPBD provinsi.

Update dampak dan penanganan gempabumi akan disampaikan jika sudah ada informasi. Saat ini pendataan masih di lakukan di lapangan.

Sementara itu kemarin laporan dari kepala BMKG Sul-Teng akses jalan ke kulawi ( sadaunta – saluwa ) badan jalan tertup longsor dari tebing cukup berat sehingga mobil tidak bisa lewat. (GK)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>