PAN Gaet Anang-Ashanty

PAN Gaet Anang-Ashanty

altJAKARTA – Sistem proporsional terbuka yang diberlakukan pada Pemilu 2014 mendorong partai politik (parpol) untuk berusaha meraih suara terbanyak dengan mengandalkan publik figur. Salah satunya dari kalangan artis. Partai Amanat Nasional (PAN) tengah berupaya untuk memasukkan nama Anang Hermansyah dan Ashanty dalam calon legislatif (caleg) mendatang.

Kedekatan Anang-Ashanty dengan PAN ditunjukkan saat Ketua Umum PAN  Hatta Rajasa menjadi saksi pernikahan mereka belum lama ini. Sekjen PAN, Taufik Kurniawan tidak menampik kedekatan Hatta dengan pasangan artis tersebut. ”Kedekatan secara psikologis hubungan Anang-Ashanty dengan Hatta Rajasa membuka kesempatan untuk dapat melakukan komunikasi secara pribadi,” kata Taufik.

Sejauh ini, lanjut Taufik, hubungan mereka sangat dekat, bahkan sudah di tingkat internal keluarga. “Pak Hatta dan Bu Hatta di keluarga Ashanty juga sangat dekat. Perkembangannya semakin mesra,” ujarnya.

Terhadap caleg artis, menurut Wakil Ketua DPR RI ini, PAN selalu melihat dan memberikan peluang kepada seluruh tokoh masyarakat. “Baik kader, maupun kepala desa, apakah itu mantan kades, mantan bupati dan seterusnya yang memiliki ijtihad politik, itu kita beri ruang sejak PAN berdiri,” bebernya.

Taufik mengatakan, langkah itu merupakan fungsi partai politik yang tidak hanya memikirkan kader partai saja. Tetapi membuka ruang kepada tokoh masyarakat yang memiliki potensi dan memiliki komitmen untuk bangsa dan negara ini.

“Inilah yang mendasari pemikiran pendiri PAN kenapa mengusung proporsional terbuka. Tokoh masyarakat kan tidak tersegmentasi apakah dia artis, ataukah kepala desa, mantan kades, semuanya memiliki hak dan kewajiban yang sama. Kita tidak boleh membatasi artis tidak boleh masuk, tapi di sisi lain juga, kita tidak boleh memberikan hak yang istimewa kepada artis yang memberikan perbedaan secara drastis sehingga terjadi kesenjangan antara artis dan yang bukan artis,” paparnya.

Menurut Taufik, artis juga harus bisa dihargai profesinya. “Kita melihat artis pun tidak asal artis, tetapi yang betul-betul mau bekerja, mau merakyat, mau betul-betul menjadi penyambung lidah aspirasi masyarakat, yang tidak hanya duduk manis saja tapi eksistensinya sebagai politisi harus profesional,” jelasnya.

Untuk Pemilu 2014, ungkapnya, PAN sudah memiliki artis-artis yang akan masuk dalam bursa caleg. “Garda Muda Nasional (GMN) merupakan sayap partai yang menampung tokoh muda, tokoh profesional, budayawan, yang tidak punya waktu untuk berpartai tetapi memiliki karya di bidang sosial kemasyarakatan,” akunya.

Taufik mengatakan, selain Anang dan Ashanty, tidak menutup kemungkinan, yang telah bergabung artsi dalam GMN akan mencalonkan diri menjadi caleg PAN. “Ada Hengky Kurniawan dan Lucky Alamsyah,  mereka sudah menyatakan diri untuk maju dari PAN dari Dapil Jawa Timur, karena mereka orang Jawa Timur,” tukasnya.
Selain itu, kata Taufik, sudah ada juga artis-artis lainnya yang berniat sama. “Tapi seluruhnya diserahkan kepada GMN,” pungkasnya. (yay)

free counters

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>